Bosnia Herzegovina Peringati Peristiwa Pembantaian 1992

Ahad , 13 Jun 2021, 15:46 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Seorang wanita berjalan berdiri di antara kuburan korban pembantaian Srebrenica, di pemakaman peringatan di Potocari, dekat Srebrenica, Bosnia timur, Selasa, 8 Juni 2021.
Seorang wanita berjalan berdiri di antara kuburan korban pembantaian Srebrenica, di pemakaman peringatan di Potocari, dekat Srebrenica, Bosnia timur, Selasa, 8 Juni 2021.

IHRAM.CO.ID, BELGRADE — Bosnia dan Herzegovina mengadakan upacara peringatan peristiwa perang antara 1992 dan 1995 yang membuat lebih dari 3.000 orang Bosnia harus kehilangan nyawa, pada Sabtu (12/6).  

 

Terkait

Upacara peringatan diadakan di Visegrad, tepatnya di jembatan Drina yang bersejarah. Para keluarga dan kerabat korban dalam peristiwa itu turut berpartisipasi.  

Baca Juga

Salah satu kerabat korban yang hadi dalam upacara peringatan ini adalah Mirsada Tabakovic. Ia mengatakan kehilangan 17 kerabat dalam pembantaian itu dan mengatakan ingatannya mengenai peristiwa perang ini seakan masih sangat segar. 

“Ketika saya mendengar suara ember, saya seakan kembali ke peristiwa itu. Banyak jenazah korban yang dimasukkan ke dalam Truk dengan ember, kemudian dilemparkan ke sungai,” ujar Tabakovic, dilansir Anadolu Agency, Ahad (13/6).  

Saat upacara peringatan dilakukan, setidaknya 3.000 bunga mawar dibawa ke Sungai Drina. Para peserta yang berpartisipasi mengenang para korban dan memanjatkan doa bersama.  

Lebih dari 140 warga sipil, termasuk perempuan, anak-anak, dan orang tua, tewas dalam pembantaian yang terjadi pada Juni 1992 tersebut. Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menggambarkan peristiwa ini sebagai kehancuran terbesar umat manusia dalam perang Bosnia.

Sumber: anadolu 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini