Selasa 15 Jun 2021 10:05 WIB

500 Jurnalis AS Menentang Narasi Media tentang Palestina

Media AS mengaburkan pendudukan militer Israel dan sistem apartheidnya.

500 Jurnalis AS Menentang Narasi Media tentang Palestina.  Abu Amsha, 6, duduk untuk potret di kamar tidurnya yang rusak ketika serangan udara menghancurkan gedung tetangga sebelum gencatan senjata yang menghentikan perang 11 hari antara penguasa Hamas Gaza dan Israel, Rabu, 26 Mei 2021, di Beit Hanoun, Jalur Gaza.
Foto:

Mereka menambahkan istilah-istilah seperti apartheid, penganiayaan, supremasi etnis semakin mendapatkan pengakuan institusional setelah bertahun-tahun melakukan advokasi terhadap isu Palestina. Mencontohkan bahasa yang digunakan di media AS mengenai peristiwa di Palestina dengan liputan lingkungan Yerusalem Timur Sheikh Jarrah, dikatakan, "Outlet media sering merujuk pada pemindahan paksa warga Palestina yang tinggal di sana - ilegal menurut hukum internasional dan berpotensi kejahatan perang - sebagai 'penggusuran .'"

Kami memiliki kewajiban suci untuk mendapatkan cerita yang benar. Jurnalis juga menyatakan media terus -enerus tidak kritis terhadap klaim militer Israel tentang serangannya di Gaza.

“Kami menyerukan kepada para jurnalis untuk mengatakan kebenaran secara utuh dan terkontekstualisasikan tanpa rasa takut, untuk mengakui bahwa mengaburkan penindasan Israel terhadap Palestina gagal memenuhi standar objektivitas media.”

Surat itu juga menggarisbawahi jurnalis memiliki misi penting untuk menginformasikan publik secara benar. “Kami memiliki kewajiban sakral untuk mendapatkan berita yang benar. Setiap kali kami gagal melaporkan kebenaran, kami mengecewakan pembaca kami, tujuan kami, dan pada akhirnya, orang-orang Palestina,” tambahnya.

Serangan Israel di Jalur Gaza yang diblokade pada 10 Mei berakhir 21 Mei setelah gencatan senjata dengan Hamas. Sebanyak 254 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita, tewas dalam pengeboman Gaza.

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement