Muslim Kanada: Kami Sekarang Jadi Sasaran Islamofobia

Selasa , 15 Jun 2021, 15:52 WIB Reporter :Umar Muchtar/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Infografis Serangan Islamofobia di Kanada
Infografis Serangan Islamofobia di Kanada

Bagi Maria Hamid, presiden Asosiasi Mahasiswa Muslim Universitas Carleton, serangan yang terjadi London, Ontario, itu telah membuatnya takut akan keselamatannya dan terus-menerus waspada. Sejak penyerangan itu, Hamid menjadi ekstra hati-hati, bahkan saat berjalan-jalan di luar atau bersepeda.

 

Terkait

"Saya langsung curiga pada semua orang yang ada di sekitar saya karena saya tidak tahu apakah orang ini memiliki permusuhan terhadap Muslim dan apakah saya bisa menjadi korban berikutnya dari kejahatan kebencian," katanya.

"Ada begitu banyak kecemasan tentang menjadi korban berikutnya. Siapa yang tahu jika dan kapan ini akan terjadi lagi, karena sayangnya ini adalah kenyataan hidup di Kanada," lanjutnya.

Sebagai seseorang yang berhijab, Hamid menuturkan, peningkatan visibilitas menjadi penyebab kekhawatiran bagi banyak wanita yang mengenakan jilbab, atau Muslim yang mengenakan pakaian tradisional di luar. "Mengenakan jilbab berarti setiap orang yang saya lewati akan tahu bahwa ada seorang Muslim di dalam ruangan atau ada seorang Muslim di jalan,” katanya. “Saya hanya menjadi target berjalan karena cara saya berpakaian," tuturnya.

Menurut Hamid, perlu ada peningkatan dialog untuk memastikan umat Islam merasa aman. Ia ingin melihat lebih banyak yang dilakukan untuk mengatasi Islamofobia di mana pun itu terjadi. "Kami membutuhkan tindakan dari politisi kami, kami membutuhkan tindakan dari administrasi universitas kami dan kami membutuhkan tindakan dari para pemimpin masyarakat kami," katanya.

Selain Hamid, Tahawar Rana, presiden Masjid Bilal dan anggota Organisasi Muslim Bersatu Ottawa-Gatineau (UMO-OG), juga menyampaikan, peristiwa ini bukan pertama kalinya masjid menjadi tempat yang mengkhawatirkan dari sisi keamanan. Sejak serangan masjid Christchurch yang terjadi di Selandia Baru pada 2019, Rana mengatakan, Masjid Bilal harus meningkatkan langkah-langkah keamanan mereka.

"Membangun keamanan dan keamanan masyarakat sangat vital dan penting bagi semua orang. Sebagai manajemen, kami selalu melakukan semua langkah yang diperlukan hanya untuk memastikan bahwa tidak hanya masyarakat yang aman, tetapi bangunan juga aman," katanya.