Kamis 17 Jun 2021 10:29 WIB

Jelang Haji, Robot Bagi-Bagi Air Zamzam di Masjidil Haram

Tujuan robot ini adalah memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Jelang Haji, Robot Bagi-Bagi Air Zamzam di Masjidil Haram. Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.
Foto:

Hal ini yang dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam. Ratusan ribu botol air zamzam biasanya dibagikan setiap tahunnya.

Dalam pengumuman pada Sabtu lalu, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan jumlah jamaah dalam penyelenggaraan ibadah haji 2021 akan dipangkas karena pandemi. Ini menjadi haji kedua yang terjadi sejak pandemi melanda dunia.

Arab Saudi mengumumkan 60 ribu jamaah yang merupakan penduduk Saudi dan ekspatriat (pekerja asing di Saudi) dapat melakukan ibadah haji pada Juli mendatang. Mereka sebelumnya harus sudah divaksinasi.

Jumlah jamaah haji tahun ini lebih besar daripada haji tahun lalu. Pada situasi normal pada 2019, sekitar 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia melaksanakan ibadah haji.

 

Penyelenggaraan haji 2021 diperkirakan akan dimulai pada 17 Juli dan berlangsung selama tiga hari. Namun, jamaah dapat memperpanjang masa tinggal mereka selama beberapa hari lagi untuk beribadah di kota suci Makkah dan Madinah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement