Selasa 22 Jun 2021 14:26 WIB

Masjid Quba Kembali Dibuka Usai Pelonggaran Aturan Covid-19

Pembukaan ini memungkinkan jamaah bisa mengunjungi masjid Quba sepanjang hari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Masjid Quba
Foto: Saudi Gazette
Masjid Quba

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi telah mengumumkan pembukaan Masjid Quba sepanjang waktu mulai Ahad 20 Juni. Pembukaan ini memungkinkan jamaah bisa mengunjungi masjid sepanjang hari.

Kementerian mencatat otoritas setempat telah mengambil semua langkah dan protokol kesehatan yang berlaku untuk masjid guna memastikan keselamatan dan kesehatan jamaah dari virus korona. Masjid Quba terletak di Jalan Hijrah yang menghubungkan Madinah dengan Makkah dan berjarak sekitar 3,5 kilometer selatan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad ketika ia tiba di Madinah setelah berhijrah dari Makkah. Nabi ikut serta dalam peletakan batu pertama masjid kemudian para sahabatnya menyelesaikan pembangunannya. Masjid ini konon menjadi tempat pelaksanaan shalat Jumat pertama.

Dilansir Saudi Gazette, Selasa (22/6), Rasulullah biasa pergi ke masjid dari waktu ke waktu, kebanyakan pada hari Sabtu untuk shalat di masjid yang dianggap sebagai masjid pertama dalam sejarah Islam. Dia juga mengajak para sahabatnya untuk mengunjungi masjid.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah bersabda bahwa pahala shalat di Masjid Quba sama dengan pahala umrah. “Barang siapa yang bersuci di rumahnya lalu datang ke Masjid Quba dan shalat di sana, maka baginya pahala melakukan umrah.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement