Jumat 02 Jul 2021 11:26 WIB

Karya Seni Festival Noor Riyadh Cetak Dua Rekor Dunia

Karya seniman Polandia, Carolina Halatek, "Beacon", memecahkan rekor

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Festival cahaya dan seni bernama Noor Riyadh akan dimulai pada Kamis (18/3) untuk pertama kalinya. Festival itu akan menerangi Riyadh, Arab Saudi selama 17 hari sampai Sabtu (3/4).
Foto: Noor Riyadh
Festival cahaya dan seni bernama Noor Riyadh akan dimulai pada Kamis (18/3) untuk pertama kalinya. Festival itu akan menerangi Riyadh, Arab Saudi selama 17 hari sampai Sabtu (3/4).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Karya seni yang ditampilkan selama festival seni dan cahaya tahunan Noor Riyadh kali ini memecahkan dua rekor dunia Guinness. Capaian ini pertama kali disampaikan Saudi Press Agency, Kamis (1/7).

Karya seniman Polandia, Carolina Halatek, "Beacon", memecahkan rekor sebagai struktur LED (light-emitting diode) terbesar. Patung yang dipamerkan di Pusat Sejarah King Abdul Aziz antara 18 Maret dan 3 April ini terdiri dari 272.160 LED.

Karya kedua yang meraih penghargaan adalah karya seniman Belgia, Koert Vermeulen, yang diberi nama “Star in Motion". Karya seni ini digantung pada ketinggian 256 meter di menara Kingdom Center.

Dilansir di Arab News, Jum'at (2/7), karya tersebut memancarkan 1,2 juta lumen cahaya dan berhasil meraih rekor dunia untuk ornamen gantung paling terang.

Festival Noor Riyadh ini berlangsung dari Maret hingga Juni. Selama empat bulan, ditampilkan sejumlah instalasi di seluruh kota dan serangkaian acara.

Termasuk di dalamnya ada pameran "Light on Light" di King Abdullah Financial District Conference Center, selaki retrospeksi utama seni cahaya dari tahun 1960-an hingga sekarang.

Lebih dari 60 seniman yang berasal dari 20 negara memamerkan karya seninya. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengalaman budaya dan kemanusiaan yang menginspirasi, bagi penduduk lokal dan pengunjung.

Acara lainnya yang disiapkan adalah tur karya seni, pertunjukan musik dan sinematik, diskusi virtual, lokakarya, serta kegiatan keluarga di 13 lokasi di seluruh kota.

Acara ini juga memberikan kesempatan kepada lebih dari 200 relawan untuk mendapatkan pengalaman profesional di bidang kreatif.

Lebih dari 300.000 orang menghadiri festival secara keseluruhan. Tak hanya itu, dicatat lebih dari 12.000 orang yang mengunjungi pameran "Light on Light".

Noor Riyadh adalah inisiatif dari Proyek Seni Riyadh, yang berharap dapat membangun lebih dari 1.000 karya seni publik di seluruh kota.

Festival ini juga bertujuan untuk membantu mencapai tujuan Visi Kerajaan 2030, dengan berkontribusi pada pengembangan ekonomi kreatif dan menjadikan Riyadh salah satu kota paling layak huni di dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement