Selasa 06 Jul 2021 17:07 WIB

Ibadah Haji Jembatani Interaksi China dan Timur Tengah

Kehadiran jamaah haji China adalah bagian terpenting interaksi tersebut.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji Cina
Foto:

Sebagai tujuan rute ziarah Muslim, Makkah adalah rumah bagi populasi diaspora. Kota dan daerah sekitarnya memiliki klaster komunitas diaspora dari seluruh Asia. Berkat rute ziarah dan meningkatnya pertukaran antara China dan Timur Tengah dan gejolak politik di Cina pasca-Qing, diperkirakan sekitar 2.000 "Cina Rantau" tinggal di Hijaz (saat ini bagian dari Arab Saudi) pada tahun 1939. Sebagian besar dari mereka terdiri dari Muslim Uyghur Turki dari Xinjiang dan juga sejumlah Muslim Hui dari Cina barat.

Titik balik bagi diaspora Muslim Cina adalah kekalahan pemerintah Nasionalis dalam Perang Saudara Cina. Beberapa pelarian Muslim dari Komunis China mencari pengasingan di Makkah ketika pemerintah Nasionalis melarikan diri ke Taiwan, mengakibatkan gelombang komunitas diaspora Muslim China di Arab Saudi.

Misalnya, Ma Bufang (1903-1975), panglima perang dan gubernur provinsi Qinghai yang bersekutu dengan Nasionalis, diterbangkan ke Taiwan oleh layanan transportasi mantan perwira angkatan laut AS Claire Chennault dan melarikan diri ke Mekah setelah pemerintah Komunis meraih kemenangan di perbatasan barat laut.

"Angkatan udara ini menunjukkan bagaimana moda transportasi berubah untuk haji, sekaligus menjadi titik balik pembentukan komunitas diaspora Tionghoa di Hijaz," kata Jeong.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement