Sabtu 10 Jul 2021 21:35 WIB

Kontribusi Koperasi Ditargetkan 5,5 Persen Pada 2024

Saat ini kontribusi koperasi terhadap PDB baru 5,1 persen.

Koperasi pesantren.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Koperasi pesantren. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menargetkan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional bisa meningkat menjadi 5,5 persen pada 2024. Ada pun saat ini, kontribusi koperasi terhadap perekonomian nasional tercatat baru mencapai 5,1 persen.

"Khusus terkait koperasi, ditargetkan peningkatan kontribusi PDB koperasi terhadap PDB nasional sebesar 5,5 persen dan pengembangan 500 modern pada akhir tahun 2024," katanya dalam Webinar Hari Koperasi "Menciptakan Ekosistem Koperasi Berbasis Anggota Menuju Koperasi Modern" di Jakarta, Sabtu (10/7).

Baca Juga

Arif menuturkan rendahnya kontribusi koperasi itu membuat koperasi belum sepenuhnya menjadi pilihan utama kelembagaan ekonomi masyarakat.Padahal, koperasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, selain meningkatkan ekonomi anggota.

Koperasi juga diharapkan menjadi lembaga sosial dan lembaga pendidikan bagi anggota dan masyarakat.Arif menambahkan selain kontribusinya yang rendah terhadap perekonomian nasional, partisipasi masyarakat untuk menjadi anggota koperasi juga masih rendah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement