Senin 12 Jul 2021 11:19 WIB

Pasien Wajib Isi Aplikasi Sisrutenas Sebelum ke Asrama Haji

Melalui aplikasi tersebut, nantinya akan ada rujukan bagi pasien.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pasien Wajib Isi Aplikasi Sisrutenas Sebelum ke Asrama Haji. Petugas keamanan memeriksa syarat bagi pasien Covid-19 yang akan menjalani perawatan di Asrama Haji Pondok Gede yang mulai dioperasikan sebagai rumah sakit darurat Covid-19 di Jakarta, Ahad (11/7). Asrama Haji Pondok Gede menerima pasien Covid-19 pada mulai Sabtu (10/7), Rumah sakit darurat Covid-19 ini diperuntukan untuk menangani pasien Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya yang juga mengalami lonjakan yang tajam. Di asrama haji tersebut, pemerintah menyiapkan 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU (intensive care unit), dan 40 HCU (high care unit).Prayogi/Republika
Foto:

"Kita mengoptimalkan semua pelayanan seluruh gedung yang ada di asrama haji, menyiapkan tempat sebanyak-banyaknya, extension rumah sakit di bawah agar kita dapat memonitor secara langsung dan tentunya lebih terkoordinir," katanya.

Terkait fasilitas yang disediakan Kemenkes, terdiri dari 40 ruangan High Care Unit (HCU) dan dua ruangan Intensive Care Unit (ICU) lengkap dengan fasilitas monitor rawat inap. Saat ini, 140 tempat tidur disebut telah siap digunakan. Ke depannya, jumlah tempat tidur akan ditambah menjadi 900 tempat tidur.

Tenaga kesehatan (nakes) yang terfokus di asrama haji sejumlah 350 orang. Mereka berasal dari seluruh daerah dengan 78 spesialisasi.

"Nakes yang kami siapkan merupakan tenaga profesional yang berpengalaman di bidangnya dan semua menginap di asrama haji," ujar Abdul Kadir.

Selanjutnya, ia berharap RSD ini dapat membantu mengurangi tekanan ke rumah sakit besar sehingga dapat melayani masyarakat yang membutuhkan ruang perawatan. Lima gedung yang disiapkan sebagai tempat perawatan pasien Covid 19 adalah gedung A, B, C, H, dan D5.

Satu gedung sudah digunakan untuk perawatan intensif pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat adalah Gedung Arafah. Dua gedung yang akan digunakan sebagai akomodasi tenaga kesehatan adalah gedung D3 dan D4.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement