Rabu 14 Jul 2021 01:25 WIB

Hewan Qurban Jokowi untuk Parigi Moutong Berbobot 964 Kg

Hewan qurban itu dibeli Jokowi seharga Rp 65 juta.

Hewan Qurban Jokowi untuk Parigi Moutong Berbobot 964 Kg. Ilustrasi
Foto: Fakhri Hermansyah
Hewan Qurban Jokowi untuk Parigi Moutong Berbobot 964 Kg. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, PALU -- Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah (Sulteng) Sultan Nisa mengatakan Presiden Joko Widodo telah membeli seekor sapi di Sulteng untuk diqurbankan pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah 2021 di Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, Parigi Moutong berbobot 964 kilogram.

"Sapi yang dipesan Jokowi sudah siap milik peternak di Desa Sausu Torino, Kabupaten Parigi Moutong," kata Nisa, Selasa (13/7).

Baca Juga

Ia menjelaskan hewan qurban itu dibeli Jokowi seharga Rp 65 juta. Sapi ini merupakan sapi unggul jenis Brahman yang banyak dikembangkan peternak di Tanah Air.

Sebelum dibeli, ia menginformasikan kepada para peternak yang memiliki ternak kelas unggul yang sering menjuarai kontes ternak sapi di provinsi. "Dari sejumlah hewan qurban yang diseleksi, mengerucut pada satu ekor sapi yang dinilai memenuhi syarat. Sebab hewan qurban tidak boleh cacat dan dalam kondisi sehat," ujar Nisa.

Ia mengemukakan, sapi qurban milik Jokowi telah melalui serangkaian pemeriksaan kondisi fisik dan kesehatan oleh dokter hewan. Rencananya, hewan qurban tersebut disembelih sehari setelah Idul Adha di Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, Parigi Moutong sesuai penunjukan lokasi oleh pemerintah.

Nisa mengatakan saat ini pemilik ternak tersebut terus mengupayakan menaikkan bobot dan menjaga kondisi fisik serta kesehatan hewan qurban Jokowi dengan pemberian pakan teratur. Hal ini agar kualitas daging semakin baik saat disembelih nanti.

"Dengan bobot seberat itu, kami menyarankan pengangkutan hewan ke tempat pemotongan nanti diantar langsung oleh pemilik ternak karena mereka yang mengetahui teknik pengangkutannya," kata Nisa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement