Kamis 15 Jul 2021 05:18 WIB

Kata Talak Jadi Bahasan Utama di Uzbekistan

YouTube adalah platform di mana talak sering dibahas masyarakat Uzbekistan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Uzbekistan tengah menjalankan shalat
Foto:

Para khatib menyayangkan bahwa perceraian dengan talak tiga seringkali karena ketidaktahuan, kemarahan, atau mabuk. Namun para ulama menjelaskan bahwa talak tidak dapat dibatalkan.

Pengkhotbah, teolog, dan komentator Abror Mukhtor Aliy juga aktif menjawab berbagai pertanyaan di saluran YouTube-nya, di mana ia memiliki lebih dari seperempat juta pelanggan. Dia meminta agar pasangan muda untuk mencari pendidikan tentang masalah pernikahan dalam Islam dan talak, memperingatkan bahwa ketidaktahuan bukanlah alasan. Jika seorang suami mengatakan tiga talak karena dia tidak tahu akibatnya, itu bukan alasan untuk dia.

Sebab, hal itulah yang harus dia ketahui. Itu adalah kewajibannya sebelum menikah. Adalah kewajibannya untuk mengetahui bahwa seorang istri adalah haram bagi seorang pria setelah talak.

Pengakuan yang meningkat terhadap talak ini muncul ketika tingkat perceraian Uzbekistan meningkat, meskipun tidak ada hubungan yang jelas. Menurut data resmi, sekitar 30 ribu perceraian telah didaftarkan setiap tahun sejak 2014, meningkat tajam dibandingkan satu dekade sebelumnya. 

Antara tahun 2000 dan 2012, rata-rata sekitar 17 ribu per tahun. Ketika minat publik terhadap Islam tumbuh dan orang-orang menyelidiki agama secara lebih rinci, negara akan bijaksana untuk membantu mendidik masyarakat tentang dasar-dasar Islam, untuk membantu mengelola transisi dari sekularisme.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement