Jumat 16 Jul 2021 15:55 WIB

Surah yang Diantar 70 Ribu Malaikat dengan Alunan Tasbih

Surah tersebut adalah Surah Al-An’am.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pakar hadis At-Thabarani meriwayatkan bahwa terdapat salah satu surah Alquran yang diantar oleh 70 ribu malaikat dengan alunan tasbih. Surah tersebut adalah Surah Al-An’am.

Prof Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al-Mishbah Jilid 4 menjelaskan, Surah Al-An’am adalah Surah Makkiyah yang secara redaksional penamaannya itu disebabkan karena kata ‘Al-An’am’ ditemukan dalam surah tersebut sebanyak enam kali. Nama ini adalah satu-satunya nama untuknya yang dikenal pada masa Rasulullah SAW.

Menurut sejumlah riwayat, keseluruhan ayat-ayat dalam Surah Al-An’am turun sekaligus. Sementara ulama mengecualikan beberapa ayat—sekitar enam ayat—yang menurut mereka turun setelah Nabi SAW berhijrah ke Madinah. Yaitu ayat 90 sampai dengan ayat 93, ayat 150 sampai dengan ayat 153, kendati ada riwayat yang hanya menyebut dua ayat yaitu ayat 90 dan 91.

Namun demikian, Prof Quraish menjelaskan, bahwa keseluruhan ayat-ayat diturunkan sekaligus, tidak menjadikan riwayat sabab nuzul beberapa ayatnya harus ditolak. Karena seperti diketahui, apa yang dinamai sabab nuzul tidak harus dipahami dalam arti peristiwa yang terjadi menjelang turunnya ayat.

Imam As-Suyuthi menyebut bahwa riwayat yang menginformasikan surah ini turun di waktu malam, dan bahwa bumi bergoncang menyambut kehadirannya. Riwayat-riwayat yang disinggung di atas oleh sementara ulama dinilai sebagai riwayat-riwayat yang dhaif (lemah).

Kendati demikian, tidak ada halangan untuk mengakui turunnya surah ini sekaligus. Apalagi, seperti tulis Al-Biqa’I, sebagaimana dikutip Prof Quraish, bahwa tujuan utama surah ini adalah memantapkan tauhid dan prinsip-prinsip ajaran agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement