Senin 19 Jul 2021 16:15 WIB

Idul Adha, Rabithah Alawiyah Ajak Umat Islam Patuhi Prokes

Umat Islam pun terpaksa merayakan Idul Adha dalam kondisi yang lebih memprihatinkan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Habib Zen bin Smith.
Foto:

MUI telah mengkaji semua dalil-dalil yang menjadi dasar cara ibadah dalam kondisi tertentu. 

"Jadi janganlah kita memperdebatkan sesuatu, yang agama telah memberikan ruksah (keringanan), tetapi justru tidak diikuti. Paling penting dalam kondisi yang sulit seperti saat ini khususnya bagi masyarakat kecil, berikan untuk mereka sedekah dan pembagian daging kurban yang bisa sedikit meningkatkan asupan gizi masyarakat dan segera disalurkan sampai kerumah masing-masing,"jelas dia. 

Habib Zen juga berpesan untuk jangan menjadikan ibadah di masa pandemi ini sebagai polemik. Karena masyarakat awam menjadi bingung. 

Sebisa mungkin semua hal yang terjadi dapat diserahkan sesuai ahlinya, baik sisi kesehatan, maupun sisi fiqih (agama). Satu hari sebelum hari raya, sebaiknya umat Islam dapat menggunakan keutamaan hari Arafah dan setelah Eidul Adha untuk bermunajat dan berdoa agar wabah ini segera diangkat oleh Allah SWT. 

Karena sebenarnya Dialah yg menegur umat ini setelah lama lalai dan berbuat dosa maka kita memohon agar Allah yg akan memberhentikan musibah ini. Bagi Allah tidak ada yg sulit.  Idha arada syai'an an yaqulu kun ! Fayakun. Selamat Eid Idul Adha. Maaf lahir dan batin.n 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement