Senin 19 Jul 2021 19:04 WIB

Pesona Abadi Masjid Zahir

Pesona Masjid Zahir pernah diabadikan sebagai gambar perangko.

Masjid Zahir Malaysia
Foto:

Memasuki bagian interior, pengaruh Moorish masih tetap terasa. Ini tecermin dengan bentuk lengkungan yang menghiasi hampir di setiap sudut. Di antaranya, kita akan bisa melihat secara jelas ketika hendak memasuki masjid. Lengkungan dengan bagian tengah yang meruncing ini bisa dilihat pada penghias bagian pintu masuk masjid.

Bagian interior yang digunakan sebagai tempat ibadah ini memiliki hamparan berukuran 62 x 62 meter persegi. Di bagian tengahnya terdapat pula hiasan yang terbuat dari permainan garis simetris. Hiasan itu begitu apik melapisi bagian dalam kubah. Hiasan lainnya yang mengisi bagian interior masjid ini adalah kaligrafi dari penggalan ayat Alquran.

 

photo
Ruang Shalat Masjid Zahir Malaysia - (http://www.itc.gov.my)

Lalu, masjid ini juga memiliki bagian beranda yang berukuran lebar 2,4 meter. Di atas bagian beranda ini terdapat lantai mezanin yang berada di empat sisi. Setiap area mezanin ini beratapkan dengan kubah. 

Untuk bagian mimbar, terlihat adanya pengaruh seperti halnya masjid-masjid di daerah Turki. Bagian mimbar ini terbuat dari material kayu. Posisinya menyodok ke bagian saf jamaah yang ada di bagian depan.

 

Dengan tampilan semacam ini, tak mengherankan jika dalam sebuah laporan yang pernah ditulis oleh surat kabar terbitan Malaysia, New Straits Times, Masjid Zahir ini menjadi sebuah oase yang menenangkan. Ya, masjid ini sejatinya telah memberikan ketenangan bagi setiap umat yang ingin mendekatkan dirinya kepada Sang Khalik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement