Rabu 21 Jul 2021 21:11 WIB

Brisbane Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kota Brisbane Australia akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032.

 Cincin Olimpiade digambarkan di depan Rumah Olimpiade, markas besar Komite Olimpiade Internasional (IOC), di Lausanne, Swiss, 17 Maret 2020.
Foto: EPA-EFE / LAURENT GILLIERON
Cincin Olimpiade digambarkan di depan Rumah Olimpiade, markas besar Komite Olimpiade Internasional (IOC), di Lausanne, Swiss, 17 Maret 2020.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kota Brisbane Australia akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032.  Brisbane mengalahkan Indonesia yang sempat menjadi kandidat.

Di Brisbane, ratusan orang berkumpul di tepi sungai South Bank untuk menyaksikan pengumuman Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui layar lebar. Brisbane menjadi kota Australia ketiga yang menjadi tuan rumah Olimpiade setelah Melbourne pada 1956 dan Sydney pada 2000.

Baca Juga

"Ini adalah hari bersejarah, tidak hanya untuk Brisbane dan Queensland, tetapi juga untuk seluruh negara," kata Perdana Menteri Scott Morrison dikutip dari Reuters, Rabu (21/7).

"Hanya kota-kota global yang dapat menggelar Olimpiade, jadi ini adalah pengakuan yang tepat untuk posisi Brisbane di seluruh region kami dan di dunia," tambahnya.

 

Ibu kota negara bagian Queensland itu kini resmi menjadi tuan rumah terpilih, yang sudah diunggulkan sejak Februari, dan telah mengantongi restu dari dewan eksekutif bulan lalu.Australia menjadi negara yang telah tiga kali menggelar Olimpiade Musim Panas, selain Amerika Serikat yang juga sudah menjadi tuan rumah acara olahraga multievent tersebut di tiga kota berbeda.

"Ini juga menjadi lompatan besar dan penting bagi Australia ke depannya, karena Olimpiade merupakan peristiwa besar yang akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan manfaat sosial yang akan terus menggema hingga tahun-tahun mendatang," ujar Morrison.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement