RSD Asrama Haji Donohudan Siap Beroperasi 2 Agustus

Selasa , 27 Jul 2021, 20:53 WIB Reporter :Rahayu Subekti/ Redaktur : Muhammad Hafil
RSD Asrama Haji Donohudan Siap Beroperasi 2 Agustus. Foto:  Asrama haji (Ilustrasi).
RSD Asrama Haji Donohudan Siap Beroperasi 2 Agustus. Foto: Asrama haji (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Rumah Sakit Darurt (RSD) Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah siap beroperasi awal Agustus 2021. Asrama Haji Donohudan dialihkan fungsinya menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang bagi masyarakat Solo Raya, termasuk Solo, Boyolali, Sragen dan Klaten. 

 

Terkait

"Mudah-mudahan 31 Juli 2021 sudah selesai semua dan alat kesehatan masuk, sehingga 2 Agustus 2021 sudah bisa dioperasikan," kata Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (27/7) malam. 

Baca Juga

RSD di asrama tersebut berada di Gedung Madinah yang memiliki fasilitas isolasi dan treatment pasien Covid-19 berkapasitas total 352 tempat tidur. Basuki mengatakan  fasilitas tersebut terdiri dari 344 tempat tidur perawatan dan delapan tempat tidur High Care Unit (HCU). 

Basuki menambahkan, dari hasil evaluasi PPKM Level 4, Yogyakarta dan sekitarnya serta Solo Raya angka kasusnya masih tinggi termsuk pasien dari Klaten. "Khusus untuk wilayah Solo Raya, Asrama Haji Donohudan diperuntukan bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang," ungkap Basuki. 

Renovasi Asrama Haji Donohudan dikerjakan oleh Balai Prasara Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah. Selain itu prosesnya dikerjakan kontraktor pelaksana PT Waskita Karya (Persero) dengan anggaran sebesar Rpn30 miliar dan saat ini progres konstruksinya telah mencapai 40 persen. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini