Kamis 29 Jul 2021 05:20 WIB

Tingkat Literasi Keuangan Syariah di Aceh di Atas Nasional

Literasi keuangan syariah di Aceh lebih tinggi dari pencapaian nasional.

Tingkat Literasi Keuangan Syariah di Aceh di Atas Nasional. Karyawan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melayani nasabah.
Foto: ARNAS PADDA/ANTARA
Tingkat Literasi Keuangan Syariah di Aceh di Atas Nasional. Karyawan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melayani nasabah.

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh mencatat tingkat pemahaman keuangan (literasi) syariah masyarakat Aceh pada 2019 mencapai 18,64 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari pencapaian nasional sebesar 8,93 persen.

"Tingkat pemahaman masyarakat terhadap keuangan syariah di Aceh berada di atas rata-rata pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah secara nasional," kata Kepala OJK Provinsi Aceh Yusri dalam seminar nasional bertajuk "Arah Perekonomian Aceh Pasca-implementsi Qanun LKS di Banda Aceh", Rabu (28/7).

Baca Juga

Ia menambahkan indeks peningkatan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan (inklusi keuangan) syariah masyarakat di Provinsi Aceh juga mencapai 20,21 persen atau berada di atas nasional sebesar 9,10 persen. Menurut dia, meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap layanan keuangan akan berdampak positif terhadap respons masyarakat dalam mengakses layanan dan menggunakan produk layanan jasa keuangan.

Saat ini, Industri Jasa Keuangan di Aceh terdiri dari sembilan bank umum, tujuh bank umum syariah, enam unit usaha syariah, lima BPR dan 10 BPRS. Selain itu, terdapat 86 IKNB yakni 30 leasing, 46 asuransi, satu pegadaian, dua BPJS, dua LKMS, satu dana pensiun, satu PMV, dua penjaminan, satu PNM dan 20 pasar modal yang terdiri dari tujuh sekuritas, satu aset manager dan 12 galeri investasi.

 

"Seiring dengan adanya implementasi Qanun Nomor 11 tahun 2018 tentang Keuangan Syariah ada perubahan jaringan kantor perbankan yang ada di Aceh," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement