Ahad 01 Aug 2021 02:14 WIB

Al-Fustat, Ibu Kota Islam Pertama di Mesir

Fustat adalah ibu kota Islam pertama dan tertua.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agung Sasongko
al-Fustat, Kairo, Mesir
Foto:

Monumen terkenal lainnya di daerah tersebut adalah Sinagoga Ben Ezra, penggalian reruntuhan Fustat, Nilometre di pulau terdekat Roda. Kemudian ada juga Istana Manasterly dan Istana Muhammad Ali di Manial. 

Sumber sejarah menyebutkan bahwa bangunan pertama di Fustat adalah Masjid Amr Ibn Ash, disusul dengan berdirinya Emirate House, yang dibangun sebagai tempat tinggal para penguasa sejak awal zaman Islam. Seiring bertambahnya populasi di daerah sekitarnya, rumah-rumah juga dibangun secara bertahap, untuk mengakomodasi populasi yang terus bertambah. 

Tidak lama kemudian Fustat muncul sebagai kota dengan masjid agungnya, pasar komersial di sekitarnya, serta rumah-rumah. Ada banyak jalur, gang, dan jalur, yang merupakan manifestasi dari perluasan kota dan kemakmuran ekonomi. 

Pada akhir era Dinasti Fatimiyah, kota itu mengalami kebakaran hebat yang menyebabkan bagian timurnya terbakar. Seiring waktu, bagian timur ini terasa bobrok, dan tetap seperti ini sampai tahun 1912 M ketika penggalian arkeologi pertama dimulai disana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement