Selasa 03 Aug 2021 04:30 WIB

Masjid Agung Dakar Mirip Monumen Sultan Muhammad V Maroko

alah satu elemen Masjid Agung Dakar yang menandakan arsitektur tradisional Maroko.

Masjid Agung Dakar, Senegal
Foto:

Bila jumlah pengunjung di ruangan utama telah melampaui batas, maka dua area lapangan di masjid ini difung sikan sebagai tempat shalat. Keadaan ini jamaknya terjadi ketika hari-hari besar Islam atau setiap shalat Jumat berjamaah.

Pada 1974 atau sekira satu dekade setelah resmi dibangun, Masjid Agung Dakar memiliki lembaga pendidikan tinggi, Institut Islam Dakar (Institut islamique de Dakar). In stitut ini cukup populer di Afrika barat bahkan sampai saat ini sebagai salah satu pusat keilmuan Islam.

photo
Interior Masjid Agung Dakar, Senegal. - (Anadolu Agency)

Murid-muridnya berasal baik dari Senegal, luar negeri, maupun luar Benua Hitam. Pengelolaannya berada langsung di bawah menteri pendidikan Senegal. Sejak Oktober 2004, masjid ini juga memperbaiki perpustakaan yang dimilikinya agar berkapasitas lebih besar serta diganti namanya menjadi Naef Ben Abdul Aziz al-Saud Library.

 

Masjid Agung Dakar telah menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi para pelancong yang berkunjung ke Senegal. Letaknya sangat strategis di dekat Kompleks Allee Pape Gueye Fall, ibu kota negara tersebut.

Masyarakat Dakar pun mengang gap masjid ini sebagai simbol kebanggaan mereka. Di sekitar luar Masjid Agung Dakar, peng unjung dapat membeli pelbagai jajanan tradisional di pasar setempat. Bagi pelancong yang gemar berwisata kuliner, tempat ini adalah lokasi yang tepat untuk merasakan 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement