Makna Pergantian Tahun Baru Islam 1443 H

Senin , 09 Aug 2021, 13:09 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Tahun baru Islam
Tahun baru Islam

Selain itu, menurut dia, pergantian tahun baru Islam ini juga bisa dijadikan sebagai momentum untuk melakukan muhasabah atau evaluasi diri, baik sebagai individu, anggota keluarga, maupun sebagai warga bangsa dan negara.

 

Terkait

Dengan bermuhasabah, menurut dia, umat Islam bisa menyusun dan melakukan langkah-langkah perbaikan ke depan agar kehidupannya bisa lebih baik dari tahun kemarin. 

“Apalagi negara kita saat ini sedang dilanda pandemi covid 19 dan masalah ekonomi serta masalah-masalah sosial, hukum dan politik yang terasa tidak pas bila kita lihat dari perspektif ajaran agama dan juga pancasila dan UUD 1945 yang telah kita sepakati untuk menjadi dasar dan hukum dasar di negeri ini,” kata Anwar.

Sampai saat ini, menurut dia, nilai dan norma yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945 belum bisa ditegakkan. Ironinya, kata dia, saat ini justru muncul langkah-langkah dan kebijakan yang lebih menjunjung tinggi idiologi liberalisme-kapitalisme.

“Sehingga yang tampak oleh kita, negeri ini telah bergerak dan bergeser dari menjunjung tinggi kedaulatan rakyat kepada menjunjung tinggi kedaulatan pemilik kapital, sehingga akhirnya nasib rakyat banyak di negeri ini  kurang terbela dan terperhatikan dengan baik,” jelasnya.