Senin 09 Aug 2021 13:33 WIB

Tadabbur Surat Abasa: Kemuliaan Alquran

Alquran begitu sempurna, di dalamnya ada banyak hikmah yang bisa kita pelajari.

Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, Alquran begitu sempurna, di dalamnya ada banyak hikmah yang bisa kita pelajari. Sebuah peristiwa yang penuh makna, perintah, larangan, peringatan bahkan proses kehidupan manusia Allah jabarkan di sana.

Begitu indahnya alquran hingga dalam satu surat tidak hanya menjelaskan satu atau dua hal, bahkan lebih. Sebagaimana dalam mentadabburi quran surat Abasa ini. Surat ini di buka dengan kisah Abdullah bin Umi Maktum yang buta namun semangat menuntut ilmunya luar biasa, kemudian pada ayat 3 sampai 10 Allah buka hati dan pikiran kita tentang sifatsifat pencari ilmu.

Baca Juga

Pada QS. ‘Abasa ayat 11 sampai 16 ini ada pelajaran baru yang kita dapat perihal betapa mulianya alquran. Di awali dengan QS. ‘Abasa ayat 11-12,

“Sekali-kali jangan (begitu)! Sungguh, (ajaran-ajaran Allah) itu suatu peringatan, maka barang siapa menghendaki, tentulah dia akan memperhatikannya,” (QS. Abasa : 11-12)

Ini semua tentang alquran, kata Allah sesungguhnya Alquran ini sebuah peringatan yang mau silakan perhatikan peringatan itu. Bagi yang tidak mau, siap-siap untuk menghadapi Allah SWT.

Saking mulianya Alquran Allah tulis dalam lembaran-lembaran mulia. Setelah ditulis lembaran itu diletakkan di tempat yang tinggi, di tangan malaikat dan malaikat ini makhluk yang Allah muliakan yang selalu berbakti kepada Allah SWT.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement