Kamis 12 Aug 2021 01:25 WIB

Muslim Rohingya tak Masuk Daftar Vaksinasi Myanmar

Muslim Rohingya tidak masuk dalam daftar penerima vaksin di Rakhine, Myanmar.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah anak muslim Rohingya membaca alquran di masjid kampung Char Pauk, Sittwe, Myanmar, Sabtu (2/6).
Foto:

Diperkirakan 140 ribu pengungsi Rohingya tinggal di negara bagian Rakhine. Sebagian besar dari mereka tinggal di kamp-kamp pengungsian. Kamp pengungsian di Sittwe menampung lebih dari 100 ribu orang.

Sementara setengah juta lebih warga Rohingya tetap tinggal di desa-desa di tempat lain di Rakhine. Penduduk Rohingya di Maungdaw dan Buthidaung, mengatakan, beberapa penduduk desa Rohingya telah divaksinasi, tetapi persediaan vaksin sudah habis.

Setidaknya 700 ribu warga Rohingya melarikan diri dari Rakhine ke Bangladesh pada 2017. Mereka mengungsi karena operasi militer yang dijalankan oleh tentara di bawah komando Jenderal Senior Min Aung Hlaing, yang sekarang menjadi perdana menteri dan kepala junta Myanmar.

Penyelidik PBB mengatakan operasi itu dilakukan dengan niat genosida. Tetapi tentara membantahnya. Mereka mengataka, operasi militer ditujukan untuk melawan teroris.

Sementara itu, pemerintah Bangladesh telah memulai vaksinasi bagi pengungsi Rohingya di kamp-kamp pengungsian. Terdapat lebih dari satu juta pengungsi Rohingya yang tinggal di kamp pengungsian Bangladesh.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement