Jumat 13 Aug 2021 12:29 WIB

Saudi Kaji Penggunaan Sinovac, Komnas Haji: Ini Kabar Baik

Otoritas Arab Saudi disebut tengah mengkaji penggunaan vaksin Sinovac.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Tenaga kesehatan mengambil vaksin Covid-19 Sinovac
Foto:

Saudi juga dinilai perlu memikirkan kebutuhan dalam negerinya, terutama yang berkaitan dengan pendapatan negara. Indonesia diketahui merupakan negara yang paling banyak mengirimkan jamaahnya dalam satu musim umrah.

Ketika jamaah asal Indonesia dipersulit masuk ke sana, lama-kelamaan hal ini akan menjadi boomerang tersendiri. Utamanya, yang berkaitan dengan pelaku usaha di sektor ibadah umrah.

"Data 2018 dan 2018, jamaah umrah dari Indonesia kisarannya 800 ribu sampai 1 juta per-musim umrah. Itu yang tercatat. Sehingga dampaknya tentu ke pihak mereka juga, dari bisnis perhotelan, katering, bahkan penerbangan," lanjutnya.

Di sisi lain, Mustolih menyebut pihak Indonesia juga perlu melakukan upaya lebih dalam penanganan Covid-19 di dalam negeri. Masuknya Indonesia dalam daftar penangguhan Saudi sebagian besar disebabkan oleh hal tersebut. 

Diplomasi dan upaya lobi yang dilakukan pemerintah dengan Kerajaan Saudi dinilai sudah baik dan bisa terus dilakukan. Apresiasi patut diberikan atas usaha pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dalam merileksasi aturan umrah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement