Ahad 15 Aug 2021 06:56 WIB

Haiti Dilanda Gempa 7,2 SR

Haiti masih belum pulih dari gempa bumi 2010 yang menghancurkan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Anak-anak berjalan di jalan kosong di depan katedral yang hancur akibat gempa 2010 di Port-au-Prince, Haiti, Rabu, 7 Juli 2021.
Foto: AP/Joseph Odelyn
Anak-anak berjalan di jalan kosong di depan katedral yang hancur akibat gempa 2010 di Port-au-Prince, Haiti, Rabu, 7 Juli 2021.

IHRAM.CO.ID, PORT AU PRINCE -- Sebuah gempa bumi besar telah melanda negara Karibia, Haiti. Gempa berkekuatan 7,2 SR melanda bagian barat negara itu, dengan pusat gempa sekitar 8 km dari kota Petit Trou de Nippes, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Para pejabat mengatakan kepada wartawan bahwa ada korban jiwa. Gambar bangunan yang rusak dan runtuh dibagikan di media sosial.

 

Haiti masih belum pulih dari gempa bumi 2010 yang menghancurkan. USGS mengatakan gempa hari Sabtu (14/8) tercatat pada kedalaman sekitar 10 km. Pusat gempa berada sekitar 150 km dari ibukota padat penduduk Port-au-Prince.

 

"Saya dapat mengkonfirmasi bahwa ada kematian, tetapi saya belum memiliki jumlah pasti. Kami masih mengumpulkan informasi." kata Jerry Chandler, direktur perlindungan sipil Haiti, dilansir di BBC, Sabtu (14/8).

 

Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan rumah dan bagian dari gereja menjadi puing-puing.

 

Naomi Verneus, seorang penduduk 34 tahun dari ibukota Port-au-Prince, mengatakan bahwa dia terbangun oleh gempa dan tempat tidurnya bergetar.

 

"Saya bangun dan tidak punya waktu untuk memakai sepatu saya. Kami mengalami gempa 2010 dan yang bisa saya lakukan hanyalah berlari. Saya kemudian ingat dua anak saya dan ibu saya masih di dalam. Tetangga saya masuk dan menyuruh mereka untuk keluar. Kami lari ke jalan," katanya. 

 

Gempa bumi 2010 di Haiti menewaskan lebih dari 200 ribu orang dan menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur dan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement