Rabu 18 Aug 2021 23:20 WIB

Irani Komandan Militer Sunni Pertama Iran

Irani, 54 tahun, ditunjuk sebagai komandan angkatan laut Iran.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Profil Irani, Komandan Angkatan Laut Iran dari Sunni
Foto:

Sebagai lulusan Universitas Ilmu Kelautan Imam Khomeini, Irani telah memegang posisi senior di angkatan laut sejak 1987, termasuk kepala operasi zona angkatan laut 1 Angkatan Darat (Bandar Abbas), kepala staf dan wakil komandan di wilayah Bandar Abbas, wakil kepala pelatihan angkatan laut dan wakil kepala pelatihan angkatan darat.

Dia juga memimpin misi angkatan laut yang penting, termasuk berlayar dengan kapal perang Iran melalui Terusan Suez ke Laut Mediterania pada tahun 2011 dan beberapa operasi penyelamatan angkatan laut di Teluk Persia.

Hossein Khanzadi memegang posisi itu sejak 2017. Selama empat tahun masa jabatannya di pucuk pimpinan angkatan laut, kecelakaan dilaporkan, dengan setidaknya tiga tenggelamnya kapal di perairan regional. Yang terakhir dan dipublikasikan secara luas adalah pada bulan Juni ketika IRIS Kharg terbakar di dekat pelabuhan Jask di Teluk Oman selama misi pelatihan, sebelum tenggelam.

 

Beroperasi sejak 1977, Kharg adalah kapal angkatan laut terbesar Iran dan memberikan dukungan untuk operasi pelatihan angkatan laut Iran di perairan regional selama beberapa dekade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement