Kamis 19 Aug 2021 15:19 WIB

Nazhir Wakaf UNS Bagikan 165 Gawai kepada Mahasiswa

165 gawai tablet diberikan kepada mahasiswa UNS terdampak pandemi Covid-19.

Rep: Binti sholikah/ Red: Esthi Maharani
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti Sholikah
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

IHRAM.CO.ID, SOLO - Nazhir Wakaf dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ)  Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membagikan 165 gawai tablet kepada mahasiswa UNS terdampak pandemi Covid-19. Pemberian tablet tersebut dilakukan pada Selasa (17/8) bersamaan dengan pengajian dalam peringatan Tahun Baru 1443 Hijriah. Sebelumnya, Nazhir Wakaf telah melakukan penggalangan donasi dengan total terkumpul sebanyak Rp 265,81 juta.

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa UNS yang mengalami kesulitan pengikuti pembelajaran daring dikarenakan tidak mempunyai peralatan elektronik yang memadai. Tablet tersebut dibagikan kepada 165 mahasiswa yang berasal 11 fakultas, sekolah vokasi, dan sekolah pascasarjana dari berbagai latar belakang suku, agama, ras, dan etnis.

Ketua Nazhir Wakaf UNS, Triyanto, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan civitas akademika UNS yang telah mendukung berpartisipasi dalam penggalangan donasi.

"Kami telah mengelola dana wakaf dari civitas akademika dan sudah kami kelola untuk investasi atau pengembangan. Salah satunya di bidang peternakan sapi Bali yang telah menghasilkan bagi hasil untuk kepentingan santunan mahasiswa UNS dan untuk donasi pembagian tablet bagi mahasiswa UNS yang terdampak pandemi," terangnya seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (18/8).

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengapresiasi kinerja Nazhir Wakaf yang bekerja sama dengan UPZ UNS.

"Beberapa hari yang lalu bersama-sama kami mengumpulkan dana untuk memberikan bantuan berupa tablet kepada mahasiswa. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur. Saya berharap dengan adanya Nazhir Wakaf UNS maka tidak akan ada mahasiswa UNS yang berhenti kuliah karena tidak memiliki uang untuk membayar UKT," jelas Rektor.

Jamal menambahkan, meskipun wakaf merupakan kegiatan umat Muslim, tetapi peruntukan pemberian tablet ini tanpa memandang suku, agama, ras dan etnis.

"Pemberian tablet ini tidak hanya misi keumatan, tetapi juga misi NKRI dan menjadi bukti bahwa UNS berkomitmen sebagai kampus yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila," imbuhnya.

Salah seorang mahasiswa penerima bantuan tablet, Muhammad Alief Hidayat, mengucapkan terima kasih kepada UNS dan seluruh donatur. Dengan adanya bantuan tablet itu, Alief dapat mengikuti perkuliahan daring yang akan dilaksanakan di semester V ini.

"Mengingat dengan adanya keterbastasan perangkat yang saya miliki serta dampak Covid-19 yang berdampak pada kehidupan saya dan orang tua. Dengan adanya tablet ini membantu perkuliahan dan mengerjakan tugas dalam kuliah nanti," ungkap mahasiswa Fakultas Hukum UNS tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement