Jumat 20 Aug 2021 02:30 WIB

KH Mas Alawi, Sosok di Balik Nama NU (II)

Kiai Mas Alwi yang mengusulkan nama Nahdlatul Ulama.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Nahdlatul Ulama

Belakangan ini, nama KH Mas Alwi diusulkan sebagai pahlawan nasional. Menurut Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Syukron Dosi, pihaknya sudah mengajukan beberapa kiai dan pejuang NU untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional. Di antaranya adalah Kiai Mas Alwi. 

Sebab, lanjut dia, sang inisiator nama NU itu berperan besar dalam sejarah kemerdekaan negeri. PWNU sebenarnya sudah mendorong beberapa nama kiai-kiai, khususnya yang pendiri awal (NU) untuk diusulkan jadi pahlawan nasional.

"Salah satunya, Kiai Mas Alwi,"ujar Kiai Syukron kepada Republika, baru-baru ini.

Bagaimanapun, ia mengakui, referensi tentang kehidupan dan rekam jejak perjuangan Kiai Mas Alwi masih sedikit. Bahkan, tahun wafatnya pun masih belum diketahui secara pasti karena terdapat banyak versi.

 

Karena sumber di keluarga dengan sumber yang bersebaran di beberapa warta NU itu berbeda. Maka, kita mau mendudukkan itu, katanya. Salah satu kontribusi nyata Kiai Mas Alwi, lanjut dia, ialah dalam bidang pendidikan.

Ia menerangkan, sang habib telah mendirikan sekolah Nahdlatul Wathon bersama KH Abdul Wahab Hasbullah sosok yang sudah mendapatkan gelar pahlawan nasional. Dimulai dari proses mendirikan Nahdlatul Wathon, salah satu embrio berdirinya NU. Jadi sangat luar biasa kontribusinya di bidang pendidikan, tutup dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement