Senin 23 Aug 2021 22:41 WIB

Apa Profesi Nabi Ibrahim dalam Mencari Nafkah?

Nabi Ibrahim berprofesi sebagai penggembala.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Apa Profesi Nabi Ibrahim dalam Mencari Nafkah?. Foto: Maqam Ibrahim
Foto: Saudi Gazette
Apa Profesi Nabi Ibrahim dalam Mencari Nafkah?. Foto: Maqam Ibrahim

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Selain sebagai pengemban risalah kenabian, Nabi Ibrahim adalah seorang peternak yang sukses. Beberapa wilayah tanah Arab pernah diinjaknya untuk menggembalakan hewan ternaknya seperti kambing dan biri-biri yang begitu banyak. 

"Nabi Ibrahim menghidupi keluarganya dengan berternak kambing dan biri-biri,"

Baca Juga

tulis Dr M Shaleh Putuhena dalam bukunya Historiografi Haji Indonesia.

Perjalanan pengembalaan Nabi Ibrahim di capai puluhan bahkan ratusan kilometer yang dimulai dari Haran Mesopotamia. Tentu sebuah kegiatan pengembalaan terjauh sepanjang sejarah umat manusia telah dilakukan Ibrahim.

 

"Ia mengembala sampai ke Palestina. Ia juga pernah menyeberang ke Mesir," katanya.

Namun karena diusir Ia pun akhirnya kembali ke Kan'an. Selama berdiam di Kan'an, Ibrahim pernah mengalami suatu peperangan antar penguasa di daerah itu.

"Oleh karena dalam peperangan itu salah seorang anak saudaranya ditawan maka Ibrahim dan pengikutnya akhirnya terlibat dalam peperangan itu dan keluar sebagai pemenang," katanya.

Nabi Ibrahim yang telah dijanjikan oleh Allah sebagai sumber dari suatu bangsa yang besar, ternyata belum jauh juga dikaruniai putra meskipun usia perkawinannya dengan Sarah sudah cukup lama. Mungkin karena itu, atas permintaan sara yang sudah uzur, Ibrahim akhirnya menikah lagi dengan hajat.

Dari perkawinan itu lahirlah seorang putra yang bernama Ismail. Kemudian hari, Ismail ternyata menjadi leluhur dari bani Ismail, suatu suku yang mendiami jazirah Arab bagian utara. Setelah Ismail dilahirkan, baru Sarah yang sudah terlalu tua untuk memperoleh putra, dengan kuasa Allah melahirkan seorang putra yang diberi nama Ishak.

"Putra kedua Ibrahim inilah yang kemudian menjadi leluhur bagi Bani Israil,"katanya.

Ketika salah satu di antara kedua putranya itu sedang tumbuh dan menggembirakan kedua orangtuanya, Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putra kesayangannya itu. Di dalam Alquran tidak terdapat informasi tentang siapa dari kedua putranya yang diperintahkan untuk disembelih.

"Menurut tradisi umum umat Islam, yang akan dijadikan kurban adalah Ismail sedangkan menurut tradisi Kristen, yang akan dijadikan kurban adalah Ishak," katanya.

Akan tetapi, putra Ibrahim itu tidak jadi dikurbankan karena diganti dengan seekor binatang kurban yang besar. Dari situ, Ismail menjadikan peristiwa ini sebagai suatu tradisi penyembelihan binatang kurban pada setiap hari raya idul Adha.

Pada tahap berikutnya, Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk hijrah ke Makkah bersama istri dan putranya. Ketika itu maka yang merupakan daerah yang tandus belum berpenghuni. Keluarga Ibrahim tinggal di sekitar runtuhan bangunan Ka'bah yang pernah dibangun oleh Nabi Adam.

"Di tempat itulah Ibrahim berdoa kepada Allah agar anak cucunya kelak dapat melaksanakan salat, dipertautkan hati umat manusia dengan anak cucunya, dicurahkan kepada mereka rezeki, dan dijadikannya mereka bagian dari orang-orang yang pandai bersyukur," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement