Kamis 26 Aug 2021 16:59 WIB

Podcast Ini Bahas Edukasi Parenting Islam

Orang tua Muslim yang tinggal di Barat dihadapkan dengan serangkaian tantangan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Parenting Islam
Foto: About Islam
Parenting Islam

IHRAM.CO.ID, CALIFORNIA--Bagi Amin Aaser, mengasuh anak Muslim adalah perjalanan yang membutuhkan keseimbangan nilai tradisional dan modern.  Dengan kata lain, menjadi seorang ayah seperti menyelamatkan dunia di siang hari dan menjadi juru masak, komedian, dan pelatih di malam hari.

Untuk membantu orang tua Muslim melakukan perjalanan ini, seorang Muslim Amerika, Amin Aaser memulai podcast barunya, “Muslim Superdad & Wondermom.” Podcast baru ini berfokus untuk menemukan 'keseimbangan kerja-kehidupan-keyakinan' bagi orang tua Muslim modern.

“Orang tua Muslim yang tinggal di Barat dihadapkan dengan serangkaian tantangan di atas tantangan bawaan menjadi orang tua,” kata Noon Salih, salah satu pendiri Noor Kids, penerbit buku anak-anak yang mengajarkan nilai-nilai Islam dan moral, yang mengembangkan podcast dengan Aaser dilansir dari About Islam, Rabu (25/8).

“Menjelajahi identitas ganda, membangun prinsip-prinsip berbasis agama di lingkungan di mana cara hidup mereka dapat difitnah,”tambahnya.

Meskipun podcast parenting Muslim ini biasanya berfokus pada ibu, “Muslim Superdad & Wondermom” Aaser berbicara lebih banyak kepada para ayah. “Di komunitas Muslim, dan di Amerika pada umumnya, budaya rumah tanpa ayah terus bertahan,” kata Aaser.

“Sebuah studi baru-baru ini oleh Pew Research menunjukkan bahwa sejak tahun 2000, hampir satu dari tiga kelahiran anak terjadi di luar nikah.  Kami meluncurkan podcast Muslim Superdad dan Wondermom untuk membantu orang tua (dan terutama para ayah) membangun komunitas seputar peran sebagai orang tua, mendiskusikan topik yang relevan untuk memberdayakan kami menjadi orang tua yang pantas bagi anak-anak kami,” tambahnya.

Aaser, kata Salih, sering membahas peran ayah sebagai bagian penting dari model orang tua.  Ayah membantu Ibu, Ayah menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak, Ayah menjadi peserta aktif dalam rumah tangga.

Menurutnya, membesarkan anak adalah sebuah tantangan, terlepas dari lokasi, kebangsaan, atau keyakinan.  Lebih jauh lagi, membesarkan anak-anak yang telah tumbuh untuk mencintai Islam dan mematuhi ajarannya bisa jadi sulit, di mana pun keluarga Anda tinggal.

Podcast ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar oleh Noor Kids untuk memberi keluarga Muslim lebih banyak sumber daya yang memperluas pendidikan Islam. Aasir dan saudaranya Mohammed Aaser menciptakan Noor Kids pada tahun 2011, saat itu satu-satunya seri buku anak-anak yang ditujukan untuk Muslim. Buku-buku tersebut, yang ditujukan untuk anak berusia empat hingga delapan tahun, membahas masalah kompleks seperti intimidasi, amal, dan kesabaran dengan cerita sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement