Jumat 27 Aug 2021 03:13 WIB

Intip Koleksi Museum Seni Turki dan Islam

Di Museum Seni Turki dan Islam terdapat koleksi langka dunia Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
 Museum of Turkish and Islamic Art, Turki.
Foto:

Bahkan, untuk alasan ini, mereka disebut dengan nama artis-artis ini. Fakta bahwa karpet-karpet ini, yang ditenun dari bahan-bahan organik, telah diawetkan dan tetap utuh selama delapan abad membuat penonton merasa luar biasa. 

Museum ini ditanamkan dengan aspek spiritual yang kuat. Di bagian Peninggalan Suci, seseorang dapat menemukan jejak kaki dan janggut Nabi Muhammad, dan Alquran yang dianggap milik Hazret-i Osman dan Hazret-i Ali, dua dari empat khalifah Islam pertama.

Salah satu Alquran dalam inventaris museum kemungkinan adalah Alqur'an tertua di dunia, dan kemungkinan itu saat ini sedang dipelajari secara ilmiah. Ada sekitar 40 ribu karya dalam koleksi museum, yang juga termasuk reruntuhan Hippodrome di lantai dasar. Namun, hanya 10 persen saja yang dipamerkan. Oleh karena itu, sangat mungkin untuk membuat beberapa museum lagi dari beberapa bagian TIEM.

Karena itu, beberapa karya di gudang disajikan kepada pecinta seni dengan pajangan bergilir dan pameran temporer. Dengan kata lain, adalah mungkin untuk menemukan harta karun baru setiap kali Anda mengunjungi Museum Seni Turki dan Islam.

Dengan integrasi agama Islam dengan seni, dimungkinkan untuk melihat artefak yang cukup mewah dan dihiasi di museum dan terkadang lebih banyak karya abstrak. Seni kaligrafi Kekaisaran Ottoman sementara itu, menonjol sebagai puncak dari semua karya seni. Karya-karya kaligrafi penguasa, seperti Sultan Ottoman Abdulmejid I, di sisi lain, dapat dibaca sebagai indikasi bahwa minat seni menyebar dari istana ke masyarakat.

 

Ketika Anda meninggalkan museum, yang diatur secara kronologis, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kekayaan estetika negara-negara Islam yang mendominasi wilayah yang luas dan beragam dari perbatasan Cina ke Laut Adriatik, dan Anda menemukan diri Anda dalam keadaan kontemplasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement