Jumat 27 Aug 2021 08:38 WIB

Bersedekah dengan Ilmu

Bersedekah ilmu lebih utama dan dampaknya jauh lebih besar

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Ilmuwan
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Ilmuwan

IHRAM.CO.ID, Bersedekah dengan harta benda merupakan amaliyah yang sangat mulia dan pahalanya begitu besar. Akan tetapi ada cara bersedekah yang lebih utama dan dampaknya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bersedekah harta. Yaitu bersedekah dengan mengajarkan ilmu terutama yang dapat membuat seseorang manusia lebih mendekat kepada Allah dan memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia.

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu Majah;

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ أَنْ يَتَعَلَّمَ الْمَرْءُ الْمُسْلِمُ عِلْمًاثُمَّ يُعَلِّمُهُ اَخَاهُ الْمُسْلِمَ.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Lebih utamanya sedekah adalah seorang Muslim yang belajar suatu ilmu lalu kemudian ia mengajarkan ilmu itu kepada saudaranya sesama Muslim.

Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa mudahnya bagi seorang Muslim yang mempunyai ilmu dalam memperoleh pahala sedekah. Dengan ilmunya ia dapat meraih ganjaran sedekah bahkan lebih utama dari sedekah lainnya semisal dengan harta benda. Sebab bersedekah ilmu akan abadi bahkan dapat mengubah keadaan dan perilaku dari seseorang.

Bisa jadi dengan satu ilmu yang diajarkan dengan ikhlas dapat membuat saudara Muslim lainnya memperoleh hidayah, memperoleh pencerahan, untuk membenahi diri sehingga menjadi semakin baik. Maka ketika seseorang berubah menjadi lebih baik terutama taat kepada Allah dengan di latarbelakangi sebuah ilmu yang disampaikan, maka pemberi ilmu itu pun memperoleh pahala yang sangat besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement