Sabtu 28 Aug 2021 12:28 WIB

Mengenal Penjelajah Muslim dari Timur, Laksamana Cheng Ho

Dalam perjalanannya, Laksamana Cheng Ho mengajak orang untuk masuk Islam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Laksamana Cheng Ho dan armadanya (ilustrasi).
Foto:

Menyebarkan Islam

Dalam perjalanannya, Zheng He mengajak orang untuk masuk Islam. Bersama para penasehat Muslimnya, ia mengajak masyarakat untuk memeluk agama Islam kemana pun mereka pergi. Di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan lainnya di Indonesia, komunitas Muslim kecil sudah terbentuk sebelum mereka bertemu dengan Zheng He.

Penyebaran pesan Islam di Asia Tenggara dimulai beberapa 100 tahun sebelumnya berkat para pedagang Arab dan India. Zheng He secara aktif mendukung pertumbuhan Islam yang berkelanjutan di daerah-daerah ini.

Untuk memudahkan penyebaran Islam dengan cepat di Asia Tenggara, Zheng He mendirikan komunitas Muslim Tionghoa di Palembang, Jawa, Semenanjung Malaya, dan Filipina. Tugas mereka adalah menyebarkan Islam di sekitar wilayah tersebut untuk membangun masjid dan memberikan layanan sosial yang dibutuhkan komunitas Muslim setempat.

Setelah kematiannya, Muslim Tionghoa di Asia Tenggara melanjutkan karya Zheng He dengan cara yang berbeda. Ini membawa lebih banyak orang masuk Islam di Asia Tenggara dan memperkuat komunitas Muslim yang berkembang di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan wilayah Asia Tenggara lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement