Kapukes: Penurunan Covid-19 Bisa Jadi Bahan Negosiasi Umroh

Selasa , 31 Aug 2021, 04:28 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Esthi Maharani
Kapuskes Haji Budi Sylvana
Kapuskes Haji Budi Sylvana

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia saat ini terus menurun. Jika penurunan ini dapat dipertahankan, Covid-19 di Indonesia bisa dikendalikan, bukan tak mungkin Arab Saudi segera mengizinkan jamaah Indonesia umroh.

 

Terkait

"Situasi Covid-19 di Indonesia saat trennya membaik. Kalau ini bisa terus kita pertahankan bukan tidak mungkin dalam waktu dekat umroh bisa dibuka lagi," kata Budi Sylvana saat menjadi pembicara Webinar AMPHURI dengan Tema Bersiap Agar Indonesia Boleh Umrah Lagi, belum lama ini.

Budi Sylvana mengatakan, jika percepatan vaksinasi saat ini bisa tercapai, maka kasus Covid-19 bisa segera dikendalikan. Tentu dengan terkendalinya kasus Covid-19 di Indonesia maka semakin besar harapan umroh bisa dibuka kembali.

Budi memastikan bahwa, berdasarkan data daftar harian update tentang perkembangan pandemi di Indonesia kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia terus menurun. Dibandingkan dua bulan yang lalu kasus Covid-19 dan kematianya menurun tajam.

"Kasus konfirmasi Covid-19 sekarang di 26 Agustus ini sangat-sangat rendah kasusnya dibandingkan dengan satu-dua bulan yang lalu penurunannya kasus kita sangat signifikan. Termasuk angka kematian juga penurunannya sangat signifikan," katanya.

Menurutnya jika data-data ini diperlihatkan, kepada Pemerintah Arab Saudi, maka akan menjadi bahan pertimbangan Indonesia dicabut larangan masuk ke negaranya. Seperti diketahui sampai saat ini Indonesia masih menjadi negara yang dilarang masuk ke Arab Saudi karena Covid-19.

"Data-data ini jika ditampilkan ke Saudi mungkin akan membuka mata Saudi dan memperkuat posisi bargaining kita dengan pihak Saudi," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini