Selasa 31 Aug 2021 14:41 WIB

Turki Terus Kembangkan Drone Bersenjata

Teknologi drone tempur Turki diklaim masuk ke peringkat tiga besar dunia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Pesawat udara tak berawak (UAV) atau drone Bayraktar TB2 (Tactical Block 2) buatan Turki.
Foto: defenceturkey.com
Pesawat udara tak berawak (UAV) atau drone Bayraktar TB2 (Tactical Block 2) buatan Turki.

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Teknologi drone tempur Turki diklaim masuk ke peringkat tiga besar dunia.  "Kendaraan udara tempur tak berawak kami, Akinci, telah menjadi salah satu dari tiga negara yang paling maju di dunia dalam hal teknologi,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dilansir Middle East Monitor, Selasa (31/8).

Erdogan mengatakan, Turki harus mengembangkan teknologi baru. Dia menambahkan, ke depan Turki akan mengembangkan drone bersenjata yang dapat lepas landas dan mendarat di kapal induk dengan landasan pacu pendek. Drone tersebut akan digunakan untuk misi di luar negeri.

Baca Juga

Erdogan juga memuji penggunaan ekstensif Turki atas produk-produk pertahanan dalam negeri, yang melonjak dari 20 persen menjadi sekitar 80 persen dalam beberapa tahun terakhir. Pada 8 Juli, Bayraktar Akinci membuat sejarah penerbangan Turki dengan naik ke ketinggian 38.039 kaki (11.594 meter).

Penerbangan tersebut membuat Akinci mencetak rekor baru, dengan penerbangan yang berlangsung selama 25 jam 46 menit. Hingga saat ini Akinci telah melakukan 874 serangan mendadak dalam penerbangan uji dan pelatihan.

 

Akinci mencapai targetnya dengan akurasi penuh dalam uji tembak 5 Juli, menggunakan amunisi hulu ledak yang dikembangkan oleh produsen roket Turki Roketsan. Rizky Jaramaya

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement