Kemenag: Hampir 20 ribu Madrasah Gelar PTM

Selasa , 31 Aug 2021, 17:30 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Siswa Madrasah
Ilustrasi Siswa Madrasah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA --  Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) M Ishom Yusqi, menyampaikan, ada 19.910 madrasah yang telah menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Jumlah tersebut hampir merata di seluruh provinsi.

 

Terkait

"Hasil pantauan penyelengaraan PTM pada hari pertama 30 Agustus 2021 pada madrasah di seluruh Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yaitu menjadi sekitar 23 persen atau 19.910 madrasah yang telah menyelenggarakan PTM," tutur dia kepada Republika.co.id, Selasa (31/8).

Baca Juga

Adapun rinciannya, Raudhatul Athfal (RA) sebanyak 5.179 madrasah, Madrasah Ibtidaiyah 6.013 madrasah, Madrasah Tsanawiyah 5.417 madrasah, dan Madrasah Aliyah 3.301 madrasah. Ishom mengatakan, madrasah yang telah menggelar PTM hampir tersebar di seluruh Provinsi.

Dia menambahkan, kendala yang dihadapi oleh madrasah adalah menyiapkan infrastruktur sanitasi. Terhadap kendala ini, Kemenag telah melakukan upaya untuk melakukan mitigasi melalui program Madrasah Education Quality Reform (MEQR) yaitu bantuan pembangunan toilet dan tempat cuci tangan.