Kamis 02 Sep 2021 10:01 WIB

Perencanaan Finansial Haji Sejak Dini Dibutuhkan

Perencanaan haji dinilai tidak hanya menggunakan cara lama seperti menjual aset.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Haji

Direktur Syariah PT Principal Asset Management, Fadlul Imansyah mengatakan kerja sama ini bertujuan mendorong semangat umat muslim di Indonesia dalam merencanakan perencanaan biaya beribadah haji sejak usia muda.

"Principal berkomitmen menciptakan keamanan finansial untuk dapat dicapai semua orang, serta membantu setiap orang mencapai tujuan finansial mereka, termasuk dalam mempersiapkan biaya untuk pergi beribadah haji," katanya dalam Webinar berjudul Rencanakan Haji Sejak Dini, Raih Berkah di Tanah Suci, Rabu (1/9).

Fadlul menyampaikan, instrumen pasar modal syariah dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai target pemenuhan biaya haji. Salah satu yang disarankan adalah reksadana syariah yang punya karakteristik moderat sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan.

Ia mencontohkan seseorang berusia 20 tahun dapat merencanakan pencapaian target biaya haji sebesar Rp 35 juta dalam 10 tahun dengan menabung reksadana syariah sebesar Rp 161 ribu per bulan. Dengan asumsi imbal hasil atau yield reksadana sekitar 5-6 persen per tahun.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement