Kamis 02 Sep 2021 11:35 WIB

Sunah Membasuh Celah Jari Ketika Berwudhu

Ketika membasuh kedua tangan maka basuhlah hingga kedua siku serta sela-sela jari.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah umat Muslim mengambil air wudhu
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah umat Muslim mengambil air wudhu

IHRAM.CO.ID, Ketika berwudhu lakukanlah dengan sebaik-baiknya pada tiap anggota tubuh baik yang masuk dalam sunah wudhu maupun menjadi rukun wudhu. Dengan berwudhu sebaik-baiknya seperti yang dicontohkan Rasulullah, maka akan didapat hikmah dari wudhu.

Salah satu yang sering terabaikan banyak orang ketika berwudhu adalah lupa untuk menggosok atau membasuh cela-cela jari kedua tangan. Padahal sejatinya itu merupakan sunah yang sangat baik yang diajarkan Rasulullah. Jadi ketika membasuh kedua tangan maka basuhlah hingga kedua siku serta sela-sela jari. Begitupun ketika membasuh kaki. Jangan sekedar membasuh bagian depan saja. Tetapi basuhlah hingga tungkak atau tumit dan juga hingga di atas mata kaki.

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan Imam Daruquthni:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : خَلِّلُوْاأَصَابِعَكُمْ لَا يُخَلِّلُهَااللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِالنَّارِ.

Nabi Muhammad Saw bersabda: Basuhlah cela-cela jari tangan kalian, agar Allah tidak membasuh tangan mu di hari kiamat dengan api neraka.

Serta hadits Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan Imam Muslim dan Imam Abu Dawud:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : وَيْلٌ لِلْاَعْقَابِ مِنَ النَّارِأَسْبِغُوالْوُضُوْءَ.

Nabi Muhammad Saw bersabda: Celakalah tumit-tumit (yang tidak terbasuh air wudhu) dengan api neraka, maka sempurnakanlah wudhu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement