Jumat 03 Sep 2021 09:16 WIB

Nasihat Ulama Turki untuk Generasi Muda

Masa muda akan berlalu dan pasti akan pergi.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pemuda muslim (ilustrasi)

Selain itu, menurut Nursi, kita juga bisa mendengar dari kondisi penjara teriakan putus asa dan suara penyesalan yang diucapkan oleh para pemuda malang yang telah mengikuti hawa nafsu mereka, sehingga mendapatkan “tamparan didikan” akibat keluar dari perintah agama.

“Kalian pun akan mengetahui bahwa sebagian besar orang yang disiksa di kubur—alam Barzakh yang terus terbuka dan tertutup lantaran banyaknya orang yang masuk ke dalamnya—tidak lain akibat ulah perbuatan buruk di masa muda mereka sendiri, sebagaimana penyaksian ahli kasyaf dan kesaksian seluruh ahli hakikat,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, kita juga bisa bisa bertanya kepada mereka yang telah lanjut usia dan yang sedang sakit, di mana mereka mewakili sebagian besar umat manusia. Maka, kita pasti akan mendengar bahwa sebagian besar mereka berkata,

“Aku sangat menyesali masa yang telah berlalu! Kami telah menyia-nyiakan masa muda kami dalam urusan yang tidak berguna. Karena itu, waspadalah jangan sampai mengulangi sejarah hidup kami. Jangan sekali-kali mengikuti langkah kami.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement