Rabu 08 Sep 2021 19:05 WIB

Kiai Hariri Pencetak Kader Ahli Fikih (II)

Kiai Hariri secara intensif mengajar ilmu tasawuf kepada santrinya di Ma'had Aly.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Fikih atau Fiqih Islam (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Fikih atau Fiqih Islam (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Karena kelilmuannya, KH Achmad Hariri Abdul Adhim mendapat amanat menjadi pengasuh Ma'had Aly Pondok Pesantren Sukorejo, yaitu lembaga pendidikan yang didirikan khusus un tuk mencetak kader ahli fikih di Indonesia. Kiai Hariri ditunjuk langsung KHR As'ad Syamsul Arifin menjadi mudir atau direk tur Ma'had Aly sekitar tahun 1990.

Ribuah santri yang mendalami fikih dan ushul fikih digembleng melalui lembaga yang diasuh Kiai Hariri tersebut. Di sam ping itu, Kiai Hariri juga mendidik para santrinya untuk mendalami ilmu tasawuf sebagai bekal spiritual ketika terjun ke masyarakat.

Baca Juga

Ilmu tasawuf mempunyai peran yang sentral dalam membentuk kepribadian seseorang, sehingga tak heran jika Kiai Hariri secara intensif mengajar ilmu tasawuf kepada santrinya di Ma'had Aly. Kajian fikih-ushul fikih yang menjadi konsentrasi santri Ma'had Aly dinilai perlu diimbangai dengan tasawuf.

Dikutip dari Buletin Tanwirul Afkar, hal itu sesuai dengan pernyataan Imam Ma lik yang berbunyi, "Barang siapa yang men dalami ilmu tasawuf tanpa diimbangi oleh ilmu fikih, maka akan zindiq, dan barang siapa yang mendalami ilmu fikih namun tidak diimbangi dengan ilmu tasawuf, maka akan fasik. Barang siapa yang mengumpulkan keduanya (fikih dan tasawuf) maka sungguh akan benar."

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement