Jumat 10 Sep 2021 13:13 WIB

Kemenag Susun Pedoman Perilaku Hidup Bersih Sehat Pesantren

Pedoman yang disusun lebih berfokus pada panduan langkah preventif.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
[ilustrasi] Sekolompok santri di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur.
Foto:

"Ini penggagasnya adalah santi alumni PBSB Kementerian Agama, dokter-dokter santri inilah yang nantinya akan memberikan layanan konsultasi dan layanan kesehatan lainnya kepada masyarakat melalui aplikasi Medis Santri ini," ujar Basnang.

Ia menerangkan, output yang kedua yakni tersusunnya Buku Pedoman Pesantren Ramah Anak. Buku ini disusun sebagai respon lanjutan dari sejumlah kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di pesantren. Buku ini penting diterbitkan dalam rangka menciptakan pesantren yang ramah kepada anak-anak sebagai aset masa depan dan bangsa.

"Kemudian kita juga akan melahirkan satu buku Panduan Pola Hidup Bersih dan Sehat, yang kita susun bersama dengan Kementerian Kesehatan serta perwakilan dari beberapa pesantren yang sudah punya pengalaman baik dalam bidang kesehatan," jelasnya. 

Basnang mengatakan, output selanjutnya yakni tersusunnya Buku Pedoman Eco-Pesantren. Panduan ini akan memuat suatu konsep pengelolaan pondok pesantren yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Gerakan eco-pesantren merupakan program yang diinisiasi oleh alumni PBSB Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan menekankan pelestarian fungsi lingkungan hidup di pondok pesantren.

Ia menambahkan, selain melibatkan para alumni dan mahasiswa PBSB dari jurusan kesehatan, giat ini juga diikuti oleh pengurus organisasi CSSMoRA, yakni organisasi yang mewadahi mahasiswa santri penerima beasiswa PBSB Kemenag. CSSMoRA diharapkan dapat terlibat aktif dengan menyusun program kerja yang bersinergi dengan Kemenag.

"Terutama dalam waktu dekat CSSMoRA diharapkan melahirkan kegiatan yang inovatif dan kreatif untuk memperingati Hari Santri Nasional tahun 2021," kata Basnang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement