Senin 13 Sep 2021 11:11 WIB

Kiat-Kiat Pendidikan di Masa Pandemi, Apa Saja?

Ada enam strategi dalam pendidikan selama masa pandemi.

Ilustrasi Peta Jalan Pendidikan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Peta Jalan Pendidikan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Prof H Armai Arief memaparkan kiat-kiat pendidikan di masa pandemi Covid-19. Ia menyampaikan enam strategi yang menjadi fundamental dan harus dilakukan baik pendidik maupun pengajaran.

"Pertama, mindset kita terlebih dahulu harus diubah, cara pandang dari adanya Covid-19 ini harus dapat mengubah pemikiran menjadi baik dan mudah, jangan terkungkung dengan sikap keputusasaan," katanya.

Baca Juga

Kedua, beranjak dari zona nyaman untuk dapat menjawab sebuah tantangan menjadi vitamin yang bergizi, sehingga dapat menumbuhkan gerakan yang baik dan membangun.

"Selanjutnya, motivasi, keterbukaan informasi dan metode pembelajaran yang menarik agar dapat menghidupkan suasana pembelajaran yang baik dan menyenangkan. Sehingga terjadi komunikasi yang positif," jelasnya.

Kemudian, yang terakhir yaitu adaptasi dengan perkembangan teknologi. Menurutnya, di masa pembatasan aktivitas masyarakat, murid dan guru harus menguasai teknologi sebagai jalan pintas yang baik untuk melakukan pembelajaran dengan aman dan nyaman, terhindar dari paparan Covid-19.

"Perkembangan teknologi sangat masif ini, sehingga sebagai insan pembelajar harus dituntut untuk dapat mengikutinya, dengan harapan pembelajaran dapat dikemas dengan pelbagai digital teknologi," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement