Selasa 14 Sep 2021 08:20 WIB

Ustadz Abdullah Said, Sang Pejuang Dakwah (II)

Ustaz Abdullah dikenal luas reputasinya sebagai seorang orator ulung.

Hidayatullah

Ia mulai mengomunikasikan gagasannya itu kepada sejumlah dai, baik yang sebaya maupun senior. Jaringan Muhammadiyah Kalimantan didayagunakannya untuk itu.Begitu pula dengan ormas-ormas lain.

Awalnya, mereka mengira Ustadz Abdullah semata-mata hendak menyebarluaskan TC Darul Arqam, agar seperti kaderisasi dai di lingkungan Pemuda Muhammadiyah. Namun, pada akhirnya disadari bahwa ulama dari Sulawesi Selatan itu ingin bergerak lebih maju. Yakni, merealisasikan sebuah tempat yang memang khusus dibuat sebagai kawah candradimuka para pemuda Muslim.

Saat itu, tak butuh waktu lama bagi Ustaz Abdullah untuk dikenal luas reputasinya sebagai seorang orator ulung. Banyak masjid di Balikpapan yang mengundangnya berceramah. Dalam tiap kesempatan tausiyah, dirinya tak lupa menyelipkan pesan tentang pentingnya membangun kawasan kaderisasi dai.

Ternyata, Allah SWT memudahkan jalannya. Sejumlah tokoh mendukung gagasannya. Sebut saja, Hasan Ibrahim, seorang alumnus Pesantren Krapyak yang pernah juga menimba ilmu di Akademi Tarjih Muhammadiyah. Kemudian, Muhammad Hasyim HS, yang pernah nyantridi Pondok Modern Gontor. Ada pula, Muhammad Nazir Hasan seorang dai lokal yang saat itu sedang belajar di Akademi Tarjih Muhammadiyah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement