Jumat 17 Sep 2021 01:21 WIB

Seniman Saudi Sabet Jawara di Jamaeel Prize

Jamaeel Prize, penghargaan untuk seni tradisi Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Gedung-gedung bertingkat di Riyadh, Arab Saudi.
Foto:

Dia mengatakan, sebagai pemenang Jameel Prize tahun ini, karya Gharem berbicara tentang kondisi global dan pengalaman para migran, serta sangat bergema dalam konteks lokalnya.

"Edisi Jameel Prize ini merayakan desain kontemporer dan karya Gharem terkenal karena penggunaan materialnya yang inovatif dan skala yang ambisius, bingkai kawat transparan mengacu pada pagar perbatasan tetapi memiliki efek menghilangkan misteri masjid bagi pemirsa non-Muslim," kata dia.

"Kami juga mengapresiasi penggunaan instalasi tersebut sebagai ruang untuk koneksi lintas budaya dan pertemuan masyarakat," lanjutnya

Kedelapan finalisnya, termasuk seniman dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Lebanon, terpilih untuk mendapatkan hadiah dari lebih dari 400 aplikasi. Karya mereka akan dipajang dalam pameran "Jameel Prize: Poetry to Politics" di Victoria and Albert Museum mulai September 18 hingga 21 November sebelum melakukan tur internasional. 

"Paradise Has Many Gates" karya Gharem akan direpresentasikan dalam pameran melalui cetakan foto skala besar, video, dan rekreasi kubah masjid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement