Agar Orang Lain tak Melintasi Anda Saat Sholat

Ahad , 19 Sep 2021, 07:10 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).

Penjelasan ini sebagaimana hadits nabi Muhammad ﷺ yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim. Hadits ini juga dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib:  

 

Terkait

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اِذَاصَلَّى أَحَدُ كُمْ اِلَى شَيْءٍ يَسْتُرُهُ مِنَ النَّاسِ فَاَرَادَ أَحَدٌ أَنْ يَجْتَازَبَيْنَ يَدَيْهِ فَلْيَدْفَعُ فِى نَحْرِهِ فَاِنْ أَبَى فَلْيُقَاتِلْهُ فَاِنَّمَاهُوَشَيْطَانٌ, وَصَحَّ أَيْضًافَلَا يَدَعْ أَحَدًايَمُرُّبَيْنَ يَدَيْهِ فَاِنْ أَبَى فَلْيُقَاتِْهُ فَاِنَّ مَعَهُ الْقَرِيْنَ.  

Rasulullah ﷺ bersabda: Jika seseorang diantara kamu sholat menghadap sesuatu yang membatasi dari orang lain, lalu ada orang yang ingin lewat di depannya, maka hendaklah ia menolak dengan tangannya pada lehernya. Jika orang itu menolak (tetap memaksa lewat) maka hendaklah memeranginya karena sesungguhnya orang yang memaksa lewat di depan orang sholat itu adalah setan. Dan hadits sahih lainnya juga dijelaskan, jangan biarkan seseorang lewat di depannya (ketika sholat), jika orang itu menolak ( tetap memaksa lewat) maka perangilah karena sesungguhnya bersama orang yang lewat itu ada setan qorin. 

Akan tetapi menjadi catatan juga bagi orang yang sholat agar tidak sembarangan memilih tempat sholat. Jangan sampai sholat tepat di pintu masjid karena itu menghalangi orang lewat. Begitu juga jangan sholat di tengah jalan. 

 

Bila ada orang yang sholat di tengah-tengah pintu masjid, atau di tengah jalan umum orang berlalu lalang, sedang tak ada jalan lain yang memungkinkan kecuali dengan melewati orang yang sholat itu maka hal demikian diperbolehkan melewati orang yang sholat itu. Sebab orang yang sholat itu pun keliru karena tidak dapat mengerti dan memilih tempat sholat yang tepat.