Senin 20 Sep 2021 17:17 WIB

Taliban Diyakini Kelak Bakal Melunak

Kelompok Taliban diyakini akan melunak seiring berjalannya waktu.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
KH Dr Asad Said Ali
Foto: NU.OR.ID
KH Dr Asad Said Ali

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA --  Kelompok Taliban diyakini akan melunak seiring berjalannya waktu. Hal itu diungkap Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) As'ad Said Ali.

As'ad tak memungkiri bahwa di dalam kelompok Taliban terdapat golongan radikal yang terkait dengan jaringan Haqqani.  Jaringan Haqqani merupakan kelompok bayangan yang dibentuk oleh Jalaluddin Haqqani, dan menjadi terkenal pada 1980-an sebagai pahlawan jihad anti-Soviet.

Baca Juga

Pada saat itu, Jalalauddin Haqqani adalah aset CIA yang berharga karena Amerika Serikat dan sekutunya seperti Pakistan menyalurkan senjata dan uang kepada Mujahidin. 

Selama konflik dan setelah penarikan Soviet, Jalaluddin Haqqani membina hubungan dekat dengan para militan asing, termasuk Osama bin Laden. Haqqani ditandai sebagai teroris global oleh Amerika Serikat. 

 

As'ad mengatakan, anggota jaringan Haqqani sebagian besar merupakan eks pemuda Taliban yang tinggal di perbatasan Pakistan-Afghanistan ketika melawan Soviet. Mereka bersikap keras karena situasi perang di Afghanistan. 

"Karena situasi mereka bersikap keras, tapi itu sifatnya sementara. Suatu saat mereka akan melunak," ujar As'ad.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement