Senin 20 Sep 2021 17:50 WIB

 Muslim Wisconsin Promosikan Narasi Baru Sejak 9/11

Sejak 9/11, Komunitas Muslim hadapi peningkatan ancaman Islamofobia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika

Sentimen itu lantas menguat, utamanya bagi mereka generasi tua, yang berimigrasi ke Amerika untuk kemakmuran dan pendidikan. Mereka tidak ingin mengambil risiko yang salah dan dalam masalah.

Namun, umat Islam lainnya mengambil pendekatan yang berbeda. Mereka memilih untuk mengkomunikasikan siapa mereka sebagai tetangga dan anggota masyarakat.

Seorang insinyur di Kabupaten Waukesha yang berimigrasi pada 2000, Ali Hamadeh, merasa dirinya ingat terlibat dalam percakapan di masyarakat untuk mengatasi kekhawatiran atau ketakutan.

"Saya pikir itu lebih pada tingkat pribadi, mencoba berbicara dengan rekan kerja, tetangga, mencoba untuk menghindari stereotip dan mencoba menjelaskan bahwa ini adalah kelompok pinggiran. Itu tidak mewakili sebagian besar orang beragama Islam,” ujarnya.

Presiden 'Fox Valley Islamic Society', Mamadou Coulibaly, mengatakan percakapan atau komunikasi serupa juga diusung dan terjadi di acara formal, seperti Pertemuan Antaragama tahunan di Oshkosh, selama hampir dua dekade.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement