Sabtu 25 Sep 2021 23:28 WIB

PM Pakistan Serukan Upaya Global Lawan Islamofobia

PM Pakistan Imran Khan serukan upaya global lawan islamofobia.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Dalam gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh UN Web TV, Imran Khan, Perdana Menteri Pakistan, berbicara dari jarak jauh pada sesi ke-76 Majelis Umum PBB dalam pesan yang direkam sebelumnya, Jumat 24 September 2021 di markas besar PBB.
Foto:

Untuk menghindari itu, Khan mengatakan, dunia internasional harus memperkuat dan menstabilkan pemerintahan saat ini, demi rakyat Afghanistan. Apabila situasi Afghanistan tidak kondusif, maka negara tersebut berpotensi menjadi tempat persembunyian kelompok teroris.

“Afghanistan yang tidak stabil dan kacau akan kembali menjadi tempat yang aman bagi teroris internasional, itulah yang menjadi alasan mengapa AS datang ke Afghanistan sejak awal,” ujar Khan, yang mengacu pada invasi Amerika ke Afghanistan untuk menghilangkan jaringan Alqaeda, yang  bertanggung jawab atas serangan teror 9/11 di New York dan Washington. 

Khan mengatakan, seluruh masyarakat internasional harus memikirkan jalan ke depan. Menurut PBB, setengah dari rakyat Afghanistan sudah rentan, dan pada tahun depan hampir 90 persen orang-orang di Afghanistan akan berada di bawah garis kemiskinan.

 

Khan mendorong komunitas dunia memberikan insentif kepada Taliban, dan menghormati komitmen mereka kepada komunitas internasional. "Saya pikir, itu akan menjadi situasi yang saling menguntungkan bagi semua orang," kata Khan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement