Selasa 28 Sep 2021 05:40 WIB

Banda Aceh Kembali Buka Objek Wisata

Banda Aceh berada pada status PPKM level 3

Anak-anak bermain sambil membawa bendera merah putih di pantai wisata Gampong Jawa, Banda Aceh, Aceh
Foto: ANTARA / Irwansyah Putra
Anak-anak bermain sambil membawa bendera merah putih di pantai wisata Gampong Jawa, Banda Aceh, Aceh

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Kota Banda Aceh kembali membuka sejumlah objek wisata. Banda Aceh telah keluar dari zona merah dan beralih ke zona orange. Selain itu, Banda Aceh berada pada status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Iya sudah kita buka kembali beberapa objek wisata, ini karena Banda Aceh sudah berstatus zona orange dan PPKM level 3," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Banda Aceh Iskandar, Senin (27/9).

Sebelumnya, sejak saat Banda Aceh ditetapkan sebagai daerah dengan resiko tinggi penularan Covid-19 dan PPKM level 4 seluruh tempat wisata ditutup. Iskandar mengatakan, meskipun sejumlah tempat wisata sudah kembali dibuka, namun tidak bebas seperti biasanya, melainkan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Para wisatawan, kata Iskandar, diwajibkan disiplin prokes dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat mengunjungi lokasi wisata. Kemudian, kepada para pengelola diminta untuk mengawasi para pengunjung yang datang agar benar-benar mematuhi prokes, dan jangan sampai melebihi dari batasan 50 persen.

Tak hanya itu, lanjut Iskandar, pelaku usaha UMKM di lokasi wisata juga diimbau untuk menerapkan prokes dalam melaksanakan aktivitas jual-beli, jika tidak melayani mereka yang abai prokes.

"Kita harapkan semua ketentuan prokes ini dijalankan dengan baik, dan tidak melayani para pengunjung yang tidak mematuhi prokes," ujarnya.

Iskandar menyampaikan, Pemerintah Banda Aceh terus melakukan berbagai upaya dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di ibu kota provinsi Aceh ini, salah satunya peningkatan vaksinasi.

"Alhamdulillah dalam beberapa waktu ini angka Covid-19 Banda Aceh sudah turun, dan upaya vaksinasi masyarakat sendiri sudah melebihi 60 persen," kata Iskandar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement