Rabu 29 Sep 2021 03:06 WIB

Cara Rasulullah SAW Pupus Suara-Suara Negatif

Islam pada awal kemunculannya tidak pernah memedulikan berbagai suara negatif.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Selain itu, saat Rasulullah SAW sedang melakukan hijrah, Abu Bakar khawatir jika kaum Quraisy yang ketika itu nyaris menemukan Nabi SAW akan menyakiti beliau. Abu Bakar berkata, "Kalau salah seorang dari mereka melihat ke arah kakinya, pasti akan melihat kita."

Lalu Rasulullah langsung memupus suara negatif tersebut dan meyakinkan Abu Bakar. Rasul bersabda, "Wahai Abu Bakar, menurut dugaanmu apa yang akan terjadi pada dua orang yang Allah menjadi yang ketiga?"

 

Allah SWT berfirman, "Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS at-Taubah ayat 40)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement