Sabtu 02 Oct 2021 10:44 WIB

Kemenag Minta Kemenkes Beri Pertimbangan Pemakaian Booster

Kemenag Minta Kemenkes dan Kemenlu Berikan Pertimbangan Pemakaian Booster

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Kemenag Minta Kemenkes Beri Pertimbangan Pemakaian Booster. Foto: Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Kemenag Minta Kemenkes Beri Pertimbangan Pemakaian Booster. Foto: Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA—Pemanfaatan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga untuk jamaah umrah masih menjadi masalah yang belum dipecahkan. Sesditjen PHU Kemenag Ramadhan Harisman berharap Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri memberikan solusinya terkait pemanfaat vaksin dosis ketiga itu.

 

“Kami mengajak Kemenkes dan Kemenlu untuk bersinergi dalam upaya diplomasi, agar jemaah yang sudah vaksin dengan dua dosis lengkap tidak perlu lagi menggunakan booster,” kata Ramadhan saat memimpin rapat yang berlangsung secara hybrid dari Kantor Kemenag Jakarta, beberapa hari lalu.

 

Ramdhan mengatakan, jika memang harus menggunakan booster, harus ada kajian bagaimana skema pemanfaatannya. Menurutnya, untuk menggunakan atau tidak vaksin booster ini tentunya memerlukan kebijakan pada level tinggi di masing-masing kementerian.

 

“Ini akan kami konsultasikan di level pimpinan masing-masing kementerian,” katanya.

Saat ini persiapan penyelenggaraan ibadah umrah sedang dibahas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) lintas kementerian dan lembaga. Di antara kementerian yang ikut bahas bersama di antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Telkom selaku operator aplikasi Peduli Lindungi.

 

Hadir dalam rapat ini, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin, Anas Ma’ruf dari Pusdatin Kemenkes, dr. Iqbal dari Ditjen P2P Kemenkes, dr. Indro dari Puskes Haji Kemenkes, serta perwakilan dari Kemkominfo dan tim Telkom. Ikut bergabung juga, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali, serta para pejabat Eselon III Ditjen PHU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement